Kamis, 12 November 2015

Mengenal Ikan Hias

Diskus - mengenal ikan hias

Eh, apa sih ikan hias itu? Stupid question, hehe…. Pertanyaan sederhana tapi terkadang susah menjawabnya dengan tepat.  Okelah, agar tidak bingung lebih jauh, maka saya perlu membahas topik Mengenal Ikan Hias ini secara singkat saja. Apa saja yang termasuk ikan hias? Memangnya ada jenis ikan lainnya?

Berdasarkan kegunaannya, ikan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu ikan konsumsi dan ikan hias. Nah, yang termasuk ikan konsumsi itu semua jenis ikan yang bisa atau biasanya dimanfaatkan manusia untuk dijadikan bahan makanannya, atau untuk dikonsumsi. Umumnya rasanya lezat, disukai masyarakat dan tidak beracun.  Contohnya ikan konsumsi adalah ikan mas, gurame, nila, patin, gabus, mujair, bawal, dan lele.

Gurame - mengenal ikan hias
 Gambar: Ikan gurame

Nila - mengenal ikan hias
 Gambar: Ikan nila

Patin - mengenal ikan hias
 Gambar: Ikan patin

Gabus - mengenal ikan hias
Gambar: Ikan gabus

Adapun yang termasuk ikan hias itu semua jenis ikan yang bisa atau biasanya difungsikan manusia untuk hiasan atau pajangan, untuk dinikmati keindahannya, bukan untuk dikonsumsi.  Contohnya ikan hias adalah ikan arwana (Sclerophages sp), oskar (Astronotus sp),  manvis (Pterophyllum sp), cupang (Betta sp), maskoki (Carassius sp), dan diskus (Symphysodon sp).  
 
Arwana - mengenal ikan hias
Gambar: Ikan arwana

Oskar - mengenal ikan hias
 Gambar: Ikan oskar

Manvis - mengenal ikan hias
Gambar: Ikan manvis

Diskus - mengenal ikan hias
Gambar: Ikan diskus

Meskipun bisa dibedakan menjadi ikan hias dan ikan konsumsi, bukan berarti ikan konsumsi tidak bisa difungsikan sebagai ikan hias. Bisa. Sebaliknya, bukan berarti ikan hias tidak bisa dikonsumsi. Bisa juga. Ikan lele putih, bawal air tawar dan udang adalah contoh jenis-jenis ikan yang sering difungsikan sebagai ikan hias meskipun juga kerap dikonsumsi. Sedangkan ikan arwana dan koi semula termasuk jenis ikan yang dikonsumsi masyarakat tetapi karena ikan tersebut  indah dan harganya menjadi mahal (mencapai jutaan rupiah) maka ikan arwana dan koi kemudian menjadi ikan hias.
Bagaimanakah penyebaran ikan hias di dunia ini? Dari sisi ragam atau jumlah jenisnya, ikan hias di daerah tropik lebih banyak daripada di daerah subtropik. Tapi dari sisi jumlah atau kuantitasnya, ikan hias di daerah subtropik lebih banyak daripada di daerah tropik.  Hal ini juga berlaku pada jenis ikan konsumsi. Hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia. Sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara.
Nah, hebat kan?! Anda pun bisa menjadi petani ikan hias yang handal maupun pengekspor ikan hias yang bonafid ke seluruh dunia.  Oleh karena itu. setelah Mengenal Ikan Hias, Anda sebaiknya mengetahui apa saja yang menjadi Keindahan Ikan Hias lalu JenisIkan Hias Air Tawar Aquarium. Agar, Anda lebih mencintai dunia ikan hias atau lebih siap menerjuni bidang bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar