Rabu, 11 November 2015

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

cupang - Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Setelah Mengenal Ikan Hias dan Keindahan Ikan Hias kini kita membahas jenis ikan hias air tawar aquarium. Mengapa hal ini dibahas? Karena topik ini merupakan topik yang paling populer dan paling banyak diperbincangkan di dunia ikan hias. Memang jenis ikan hias air tawar lebih populer daripada ikan hias air laut. Dan, memang jenis ikan hias di aquarium lebih banyak daripada di kolam. Kenapa demikian? Seperti apakah jenis ikan hias air tawar aquarium itu? Berikut ini penjelasannya.


Sebenarnya, ikan hias air laut itu tidak kalah indahnya --malah mungkin lebih indah-- daripada ikan hiar air tawar. Hanya saja, pemeliharaan ikan hias air laut lebih sulit. Anda harus bisa menjaga atau mengkondisikan ikan-ikannya sebagaimana kondisi lingkungan hidupnya di laut. Anda harus bisa menjaga kualitas airnya seperti pH, salinitas, oksigen terlarut, dan mineral-mineralnya sebagaimana kualitas air yang cocok bagi kahidupan ikan laut. Beda halnya dengan jenis ikan air tawar, Anda tidak perlu dipusingkan dengan kualitas air tersebut, dan Anda bisa mengganti airnya dengan air sumur pada umumnya. Tidak perlu ribet.

Jenis Ikan Hias Air Laut Aquarium
Ikan hias air laut

Adapun jenis ikan hias air tawar hampir semuanya dipertontonkan dan dinikmati di aquarium. Kecuali, beberapa jenis saja --seperti ikan koi-- yang dipertontonkan dan dinikmati di kolam. Beberapa jenis ikan hias air tawar aquarium adalah ikan cupang, mas koki, arwana, lohan, neon, diskus, guppy, dan sebagainya.

Koi - Jenis Ikan Hias Air Tawar Kolam
Ikan hias di kolam
Di antara jenis ikan hias air tawar yang hidup di aquarium, ada yang bisa hidup berkelompok atau bersama-sama (komunal) tanpa ada perkelahian. Namun, ada pula jenis ikan hias air tawar yang hidupnya sendirian (soliter), kalau digabung bersama-sama akan terjadi perkelahian sehingga akan merusak keindahannya. Ikan mas koki, neon, dan guppy termasuk jenis ikan hias air tawar yang bisa hidup komunal. Sedangkan ikan cupang hias dan arwana termasuk jenis ikan hiar air tawar yang soliter.
Berikut ini adalah contoh gambar ikan hias air tawar aquarium yang bisa hidup bersama-sama (komunal):

Mas koki - ikan hias air tawar aquarium
Ikan mas koki
Neon - ikan hias air tawar aquarium
Ikan neon

ikan hias air tawar aquarium komunal

 Berikut ini adalah contoh gambar ikan hias air tawar yang biasa hidup (dipelihara di aquarium) secara sendirian (soliter):

Arwana -ikan hias air tawar aquarium soliter
Ikan arwana

cupang - jenis ikan hias air tawar aquarium
Ikan cupang

Demikian pengenalan jenis ikan hias air tawar aquarium pada tahap awal. Selanjutnya dapat kita eksplorasi lebih mendalam satu per satu jenis ikan hias tersebut agar kita lebih dapat menikmati keindahannya, atau mungkin malah bisa membudidayakannya sehingga menghasilkan uang pula.

3 komentar:

  1. Makasih ya atas share tentang Ikan ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi kami http://bit.ly/2OAKus7

    BalasHapus