Sabtu, 21 November 2015

Apa yang Menarik dari Cupang Hias?


Apa yang Menarik dari Cupang Hias?
 
Ikan cupang hias memang memiliki pesona tersendiri.  Pesona ikan asli Asia Tenggara ini cukup besar hingga menyita perhatian orang Eropa dan Amerika. Tidak tanggung-tanggung, mereka di Amerika mendirikan konggres internasional cupang atau Internasional Betta Congres (IBC) sejak tahun 1966. Dan setiap saat mengadakan kontes cupang hias di berbagai Negara. Karenanya, Apa yang Menarik dari Cupang Hias? Keindahannya? Prospek bisnisnya? Cara ternaknya? Atau, apanya? Ayo ungkap rahasianya. Tak kenal maka tak sayang.…


Apa yang Menarik dari Cupang Hias?

Apa saja yang menarik dari cupang hias?

Coba kita sebutkan satu per satu apa saja yang menarik dari ikan cupang hias. Mungkin ada yang sifatnya personal, subyektif, dan debatable tapi itu tidak mengapa. Hal ini sekadar untuk menggali keunikannya agar kita lebih detail mengetahuinya. Misalnya:

1.  Ikan cupang hias itu indah dan variatif (banyak jenis, warna, bentuk, dsb). Sehingga tidak membosankan. Ketika ‘lahir’ anaknya pun kita suka tak sabar untuk segera tahu kayak apa ‘tampang’-nya. Seperti kelahiran bayi manusia aja, ya….

Apa yang Menarik dari Cupang Hias?

2.  Ikan cupang hias –termasuk cupang pada umumnya—relatif gampang diternakkan. Jangankan orang dewasa, anak SD pun bahkan bisa menyilang-nyilang perkawinannya (hibrid). Iya, penyilangan varian cupang hias bikin kita semakin penasaran, kayak apa anakannya?

     Sekadar mengawinkan saja memang tidak sulit. Tetapi, untuk mendapatkan anakan yang ideal (berkualitas ikan kontes) itu agak sulit, dibutuhkan pengalaman. Selain itu, perawatan anakannya juga membutuhkan keahlian, agar dewasanya nampak indah. Agar tidak rusak sirip-siripnya dan tidak pudar warnanya. Agar suka ngedok, dan tetap sehat.
Apa yang Menarik dari Cupang Hias?


 3.   Ikan cupang –termasuk cupang hias—itu praktis dan tidak rewel, karena:

  • Bisa dipelihara di berbagai wadah, meskipun sempit. Seperti akuarium kecil, toples, botol, bahkan gelar air minuman sekalipun. Meskipun kita pindah-pindahkan tempatnya, ikan cupang juga tidak gampang stres atau rewel.
  • Ikan cupang mampu hidup di air yang miskin kandungan oksigennya. Tidak seperti ikan mas koki, atau arwana yang membutuhkan bantuan alat sirkulasi udara (aerator). Karena, ikan cupang dikarunia labirin. Dengan alat pernapasan tambahan ini, ikan cupang mampu menghirup oksigen dari udara secara langsung. Hebat, bukan?
  • Karenannya, ikan cupang mudah dalam pengangkutannya. Cupang bisa dibungkus di dalam plastik kecil (8 x 20 cm) dan bisa dikirim via jasa penitipan (pengiriman) sampai berhari-hari lamanya.
  • Gampang makannya. Cupang sebenarnya termasuk hewan karnivora. Makanan alaminya adalah jenis binatang-binatang kecil seperti kutu air, cacing, jentik nyamuk, dan bahkan nyamuk mati pun disantapnya.  Namun, cupang juga mau dikasih pelet. Harga pelet pun cukup murah. Sehingga, tidak menghabiskan waktu untuk mencari kutu air yang semakin langka. Jadi, tidak merepotkan tapi mengasyikkan, bukan?

Apa yang Menarik dari Cupang Hias?

4.  Keindahan ikan cupang hias bisa dilombakan atau dikonteskan dengan ketentuan dan kategori yang jelas (standar) meskipun variannya banyak. Justru itu pesonanya mengundang perhatian banyak orang, dan pastinya juga mendatangkan keuntungan bisnis.

5.  Bisnis ikan cupang hias juga lumayan menjanjikan. Banyak transaksi jual beli ikan cupang hias dilakukan baik secara online maupun offline, antar daerah bahkan antar negara. Penggemar dan pebisnis ikan cupang hias tidak terbatas usia, Dari anak-anak atau remaja hingga kakek-kakek tidak sedikit yang menjadi pelakunya.

Apa yang Menarik dari Cupang Hias?

6.  Kegiatan ternak cupang ataupun bisnisnya bisa dilakukan secara sambilan, karena sifatnya mudah diternakkan, praktis dan tidak rewel.  

Apa yang Menarik dari Cupang Hias? Penjelasan di atas saya pikir sudah lumayan menjawabnya, bahkan lebih daripada sekadar Keindahan Ikan Hias pada umumnya. Tapi, mungkin saja Anda memiliki unsur ketertarikan lain, ya boleh saja.
Apa yang Menarik dari Cupang Hias?

2 komentar:

  1. Terimakasih infonya http://bit.ly/2OZLaHI

    BalasHapus
  2. New York casinos accepting players over 18 years, with the latest
    New York, the U.S. gambling 경기도 출장안마 market for 의정부 출장마사지 a long time is expected to grow 문경 출장샵 by 안양 출장샵 more than 1.4 billion gamblers, 광명 출장안마 the latest U.S. news

    BalasHapus